Thursday, July 2, 2015

PANDUAN PPDB 2015 SMP JOGJA

Setelah saya tampilkan prediksi nilai terendah sekarang saya akan membuat panduan PPDB SMP. Sekarang saya akan bicara hal-hal apa saja yang harus anda siapkan dalam menghadapi PPDB. Tidak semua orangtua berpengalaman menghadapi PPDB SMP karena ini mungkin adalah pengalaman pertama mereka. Permasalahannya anda tidak mempunyai akses informasi yang benar-benar bisa dipercaya. Atau juga sebaliknya terlalu banyak informasi yang membuat anda menjadi bingung sehingga sering membuat keputusan tidak baik.Kalau anda percaya saya kuncinya adalah jangan terlalu takut dan jangan terlalu berani semua harus dilakukan dengan logika yang didukung data dan fakta. Lantas hal apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi PPDB.

Pertama, pahami aturan PPDB dengan mendalam.

Hal ini sangat penting dilakukan karena nanti anda menghadapi aturan yang ketat. Cari informasi dari berbagai sumber. Anda bisa mencari JUKNIS di web PPDB atau dinas setempat. Kemudian anda pelajari berulang-ulang sampai anda betul-betul paham. Apabila masih bingung tentang beberapa hal tanyakan kepada orang-orang yang lebih mengerti. Tanya saudara atau orang yang sudah berpengalaman PPDB tahun sebelumnya. Perhatikan apakah aturan PPDB masih tetap sama atau sudah berubah. 

Kedua, siapkan syarat-syarat adiministrasi dengan lengkap

Berikut saya tampilkan syarat administratif untuk PPDB Kota Jogja
  1. Menyerahkan tanda bukti pendaftaran. Anda akan mendapatkan ini ketika melakukan pendaftaran online. Ketika anda pendaftaran online anda akan diminta data-data untuk diisikan kemudian memilih 3 sekolah tujuan stelah itu anda cetak. Inilah bukti pendaftaran anda, tetapi anda belum selesai anda harus melakukan verifikasi di salah satu sekolah yang menjadi pilihan. Anda bisa melakukan pendaftaran online lebih dari satu sehingga anda bisa mempunyai bukti pendaftaran lebih dari satu. Saran saya terutama bagi nilai tanggung buatlah lebih dari satu variasi pilihan untuk menyiapkan bila ada perubahan ketika proses PPDB yang tidak sesuai prediksi.
  2. Menyerahkan satu lembar fotocopy ijazah jenjang sebelumnya yang telah dilegalisasi dan menunjukkan ijazah asli. Ijazah apabila belum dapat dinas pendidikan setempat biasanya akan membuat edaran bisa menggunakan surat pemberitahuan kelulusan yang di legalisasi sekolah. Jangan khawatir hal ini selalu terjadi setiap tahun. Tahun lalu saja anak baru mendapat ijazah setelah TAB.
  3. Menyerahkan SKHUS/M asli dan satu lembar fotocopy yang telah dilegalisasi. Hal ini biasanya sama dengan ijazah anda mungkin belum mendapat SKHUS/M asli ketika verifikasi. Tenang, sama dengan ijazah dinas akan mengeluarkan edaran dengan mengganti SKHUS/M sementara.
  4. Menyerahkan Surak Keterangan Penambahan Nilai Prestasi bagi yang memiliki. Kalau anda punya sudah harus didaftarkan di dinas pada periode 3-17 Juni 2015. Penambahan nilai tersebut akan otomatis keluar ketika anda melakukan pendaftaran online.
  5. Menyerahkan satu lembar fotocopy Kartu Keluarga (KK) yang telah dilegalisasi oleh lurah setempat bagi penduduk daerah. Siapkan jauh-jauh hari dan lebih dari satu untuk antisipasi hal-hal yang tidak terduga.
  6. Bagi calon peserta didik dengan status famili lain dalam kartu keluarga wajib menyerahkan surat pengantar atau surat keterangan RT dan RW yang menyatakan berdomisili sesuai dengan alamat yang tercantum dalam keluarga. Ini bagi anda yang menitipkan anak anda pada KK saudara atau orang lain. Tidak dipersyaratkan harus berdomisili berapa hari atau bulan sebagai syarat pendaftaran. Biasanya RT atau RW sudah tahu kalau anda sedang cari sekolah. 
  7. Menyerahkan Surat Keterangan bebas napza dari rumah sakit. laboratorium bagi peserta didik baru asal sekolah di luar DIY. Ini ditujukan bagi siswa yang berasal sekolah dari luar DIY yang ingin masuk sekolah di DIY. Kalau anda berasal dari luar DIY segera siapkan selain itu syarat-syarat lain pastikan harus siap jauh-jauh hari karena di hari verifikasi mungkin anda tidak sempat bolak-balik mengurus surat yang dibutuhkan.

Ketiga, siapkan strategi yang matang untuk menghadapi segala situasi. 

berikut saya tampilkan kembali prediksi dengan disertai nilai terendah untuk memudahkan anda menyusun strategi: 

Prediksi di atas bukan untuk mencari secara tepat berapa nilai terendah, tetapi digunakan sebagai panduan agar anda dapat menyusun pilihan yang realistis dan mencegah kegagalan tidak mendapat satupun SMP negeri. Berbeda dari prediksi kota Jogja sebelumnya saya juga mencamtunkan prediksi nilai terendah. Pada tulisan sebelumnya saya prediksikan bahwa nilai passing grade tahun ini akan turun. Jadi, jika anda punya nilai 281.5 ke atas silahkan anda buat variasi pilihan apapun karena bisa di pastikan posisi anda akan aman. Misal juga anda punya nilai 276.5 karena anda hanya mengincar SMP 1 silahkan segera dimasukkan pada verifikasi hari pertama. Banyak faktor yang mempengaruhi orang dalam memilih sekolah tidak semata-mata karena kualitas dan nama besar. Paling banyak karena lokasi dan selera. Kunci dalam membuat variasi adalah untuk pilihan I silahkan anda memilih sekolah manapun yang anda inginkan. Untuk pilihan II pilihlah sekolah dengan nilai terendah tidak jauh dati nilai anda. Untuk pilihan ketiga pilihlah sekolah yang mempunyai nilai prediksi di bawah nilai anda. Gambarannya seperti ini:
  1. Pilihan I : spekulasi (bebas)
  2. Pilihan II: nilai terendah di sekitar nilai anda (70%)
  3. Pilihan III: nilai terendah di bawah nilai anda (99,99%)
Sebagai contoh anda mempunyai nilai 278 maka anda bisa memilih variasi SMP 5, 8, 1 dengan logika anda punya peluang bersaing di SMP 5 dan 8 tapi anda pasti masuk di SMP 1. Contoh lagi nilai anda 274 tapi anda ingin sekali bersaing di di SMP 8 untuk amannya anda bisa membuat varasi SMP 8, 1, 2. Ingat anda bisa membuat lebih dari satu variasi anda bisa membuat variasi SMP 8, 1, 6 variasi yang menurut saya sangat aman. Hati-hati jangan terlalu bernafsu. Misal anda punyai nilai 269 tapi anda tetap ingin bersaing di SMP 5 atau 8 lantas anda membuat pilihan SMP 8, 1, 2 dengan logika anda masih aman di SMP 2. Ingat segala hal bisa terjadi kalau nilai terendah sama dengan nilai anda kemungkinan besar anda kalah karena aturan penempatan pilihan. Maka sebaiknya buang ego anda dan buat variasi pilihan yang realistis bisa SMP 1, 2, 6 atau SMP 2, 9, 6 tetap buat pilihan yang punya peluang besar masuk. Selain prediksi saya sajikan SMP dengan minat tertinggi. Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana larinya nilai-nilai tersebut. berikut datanya:
SMP 8 banyak dijadikan favorit pilihan pertama bagi peserta PPDB. Tetapi setelah di total dengan pilihan kedua dan ketiga. SMP 8 kalah dengan SMP 1 artinya ada 844 orang yang menyantumkan SMP 1 sebagai pilihanya entah di pilihan pertama, kedua, ketiga. Sekolah dengan jumlah data paling banyak berarti pada waktu verifikasi PPDB akan sekali banyak perubahan-perubahan yang signifikan. Maka anda harus selalu perhatikan posisi di sekolah-sekolah tersebut untuk memantau perubahan. Sekolah dengan jumlah peminat menengah ke bawah diperkirakan mengalami perubahan-perubahan yang tidak terlalu besar. Perkirakan jumlah nilai yang telah masuk dan yang belum. Sambil menunggu waktu yang tepat dan aman untuk memasukkan nilai anda ke RTO karena sekali anda memasukkan ke RTO anda tidak bisa mencabut lagi. Kalau anda sudah mencabut anda tidak bisa masuk kembali. Berikut saya sajikan data perkiraan siswa yang telah masuk PPDB setelah seleksi KMS:
Dari diatas masih belum banyak data yang belum masuk sehingga segala kemungkinan masih bisa terjadi. Jadi bersabarlah sambil menyiapkan hal-hal pendukung lain seperti personel yang akan anda libatkan ketika PPDB. Kendaraan yang akan anda gunakan. Selain itu kalau anda punya rencana lintas zona hal-hal seperti ini layak anda siapkan lebih dini. Akhir kata, SEMOGA BERHASIL!!!!

No comments:

Post a Comment