Saturday, July 18, 2015

LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH MADRASAH/UN SD (MATEMATIKA)

INDIKATOR 3: OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

ANALISIS INDIKATOR:

Pada soal ujian sekolah madrasah indikator ini muncul pada awal bagian soal. Indikator ini menuntut siswa untuk menguasai operasi hitung yang berkaitan dengan bilangan bulat. Bilangan bulat adalah merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan cacah dan negatifnya. Yang termasuk dalam bilangan cacah yaitu 0,1,2,3,4,… sehingga negatif dari bilangan cacah yaitu -1,-2,-3,-4,… dalam hal ini -0 = 0 maka tidak dimasukkan lagi secara terpisah. Dalam mengerjakan soal indikator ini ingatkan tentang aturan pengerjaan matematika. Dalam mengerjakan soal ujian sekolah madrasah pada indikator ini siswa sering salah atau bingung ketika bertemu penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Maka dari itu tanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terlebih dahulu.

Pengerjaan soal ujian sekolah madrasah

Kerjakan dengan kaidah pengerjaan hitung campur ( jika dalam soal terdapat operasi hitung perkalian dan pembagian harus dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu baru penjumlahan atau pengurangan.
Sifat operasi hitung bilangan bulat 
  • Jika terdapat penjumlahan dengan tanda yang berbeda, maka “lihat yang besar kurangkan yang kecil tandanya ikut yang besar”. Contoh: -15 + 20 = (20 - 15) = 5
  • Jika terdapat penjumlahan yang kedua bilangan negatif tinggal kita jumlahkan dan hasilnya selalu negatif. Contoh: -5 + -7 = -12
  • Jika terdapat operasi hitung pengurangan, maka ubahlah menjadi penjumlahan dengan lawan bilangan penjumlahannya. Contoh: -4 - (-5) = (-4 + 5) = 1
  • Jika terdapat operasi hitung perkalian atau pembagian, perkalian bilangan bulat tersebut positif atau negatif. Pada operasi hitung pembagian dan perkalian bilangan bulat, berlaku sifat sebagai berikut.  Apabila bilangan tersebut bertanda sama maka hasilnya selalu positif. Contoh: -2 x -2 = 4. Sedangkan untuk tanda yang berbeda maka hasilnya negatif. Contoh: 2 x (-2) = -4

Contoh soal: 

Hasil dari 349 + (-93) - 544 : 32 x 47 = .... (USM 2015 Wilayah DIY)

langkah 1 (kerjakan bagian yang digaris bawah)
349 + (-93) - 544 : 32 x 47 = ....

langkah 2 (kerjakan bagian yang digaris bawah)
349 + (-93) - 799 =

256 - 799 = -543

Saran bagi orangtua/guru: 

  1. Pastikan anak memahami aturan dasar operasi campur
  2. Pastikan anak memahami aturan dasar operasi hitung bilangan bulat
  3. Latih anak dengan angka yang tidak besar untuk menanamkan konsep
  4. Bila sudah lancar berikan soal dengan jumlah angka yang banyak 
  5. Terus ingatkan anak untuk teliti

Soal latihan ujian sekolah madrasah di rumah:

pasword: arwin susilo




 




No comments:

Post a Comment