PECAHAN (1)
Indikator 13 menyederhanakan pecahan
Ulasan Indikator:
Variasi soal pada indikator ini sedikit. Jadi, kemungkinan soal model di atas yang akan keluar. Tetapi yang perlu diperhatikan anak akan kesulitan mengerjakan soal pada indikator di atas jika faktor pembagi untuk menyederhakan pembilang dan penyebut di atas 11. Apalagi jika anak tidak lancar dalam operasi hitung pembagian, maka indikator dengan sedikit variasi ini menjadi sukar dikerjakan.
Indikator 14 mengurutkan berbagai bentuk pecahan
Ulasan indikator:
Indikator yang selalu keluar dari tahun ke tahun ini tidak banyak variasi. Yang berbeda hanya dari cara mengutkan dari yang terbesar atau dari yang terkecil. Jika anak sudah lancar mengubah bentuk pecahan maka soal dari indikator ini bukan masalah.
Indikator 15 menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan pecahan
Ulasan Indikator:
Variasi soal pada indikator ini sedikit. Anak tidak akan kesulitan mengerjakan soal ini karena penjumlahan pecahan diajarkan sejak kelas 4. Hanya saja bagi anak yang tidak memahami betul aturan pecahan menjadi hambatan bagai anak untuk mengerjakan.
Indikator 16 menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan
Ulasan indikator:
Sama dengan indikator soal sebelumnya, anak biasanya tidak ada kesulitan mengerjakan soal pada intikator ini. Anak-anak yang paham sistem coret biasanya akan mengerjakan dengan cepat. Anak yang kesulitan dalam pembagian biasanya lama dalam mengerjakan soal pada indikator ini.
Indikator 17 menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
Model 1Model 2
Ulasan indikator:
Variasi soal ini bisa memunculkan berbagai bentuk soal karena pada indikator tidak dibatasi operasi hitung yang digunakan. Akan tetapi, variasi soal yang muncul secara garis besar ada pada dua model di atas. Soal model 1 anak harus menyelesaikan soal dengan melibatkan operasi hitung campuran. Perbedaan pada model 2, dalam soal terdapat bagian dari hasil. Pernyatan "25% dari" bisa diganti dengan berbagai bentuk pecahan. yang mengandung konsep yang sama. Penalaran anak dalam mengerjakan soal pada indikator ini diuji. Maka perbanyak latihan dengan berbagai bentuk soal sehingga anak akan terlatih logikanya dalam mengerjakan soal pada indikator ini.
BUKU INTENSIF USM SD 2017
Deskripsi buku:
Buku
INTENSIF USM SD 2017 menggunakan soal perindikator. Dengan menjabarkan
soal dari indikator USM maka siswa akan lebih memahami dan mendalami
untuk mengasah kemampuannya. Anda bisa mecoba download contoh buku
diatas. Jika anda tertarik untuk mendapatkan buku ini anda bisa
menghubungi:
WA: 0852 9315 6738 atau 0852 9270 9574
atau klik link berikut:
No comments:
Post a Comment