Friday, June 24, 2016

EVALUASI PREDIKSI PPDB SMA YOGYA 2016

PPDB SMA di Yogya telah selesai. berikut saya tampilikan perbandingan hasil PPDB dengan prediki yang telah saya buat:
Dari data di atas prediksi yang saya buat berhasil memprediksikan nilai PPDB dengan tepat di 3 SMA untuk dalam kota dan 1 SMA untuk luar kota. Untuk dalam kota jarak paling tinggi adalah SMA 10 Yogya. Selain SMA 10 paling tinggi jarak adalah SMA 5 tapi menurut saya masih dalam jarak kewajaran. Penilaian subyektif saya terhadap prediksi SMA 10 kenapa gagal karena meleset jauh disebabkan profil SMA 10 yang menurun di masyarakat Yogya. Dari beberapa siswa yang saya bimbing PPDB, mereka enggan memasukkan SMA 10 ke dalam pilihan mereka. Alasannya mereka kurang menyukai kondisi SMA 10 saat ini. Saya berharap ke depan SMA 10 bisa memperbaiki citra mereka yang kurang positif di kalangan masyarakat. Apakah kegagalan memprediksi karena penambahan kuota, menurut saya bisa jadi ya, tetapi harusnya erornya tidak terlalu jauh. Kalau hanya menambah daya tampung 30an mungkin paling banyak erornya adalah 5poin. Untuk prediksi luar kota memang hanya satu prediksi saya yang tepat, tetapi sama dengan prediksi dalam kota hanya SMA 10 yang disebut gagal. Saya menggunakan sebaran yang sama dengan prediksi dalam kota hasilnya menurut saya masih dalam bentuk kewajaran. Akhir kata, prediksi hanya digunakan untuk menentukan paket pilihan sekolah dalam PPDB. Jangan pernah jadikan prediksi sebagai harga mati.

No comments:

Post a Comment